Minggu, 17 April 2011

RPP Terbaru wawasan kebangsaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 1
1.        IDENTITAS
a.         Nama Sekolah           :
b.         Kelas / Semester       : XI / 3
c.         Mata Pelajaran          : Pendidikan Lingkungan Hidup
d.        Jumlah Pertemuan     : 1 x Pertemuan
e.         Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit
f.          Tahun Pelajaran        : 2010/2011

2.        STANDAR KOMPETENSI
1.                  Menganalisis karakteristik biografi dan sosioantropologi wilayah
logo smk(hitam).jpg
3.        KOMPETENSI DASAR
1.1.            Mengamati kondisi karakteristik biografi dan sosioantropologi wilayah Jawa Barat
( Kreatif, Mandiri, Rasa ingintahu, Tanggungjawab )

4.        INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1.      Mendeskripsikan pengertian biogeografi dan sosioantropologi wilayah Jawa Barat
( Kreatif, Mandiri, Rasa ingintahu, Tanggungjawab )

5.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                  Menyebutkan pengertian biografi dan sosioantropologi
( Kreatif )

6.        MATERI AJAR
Kondisi karakteris-tik biografi dan sosioantropologi wilayah Jawa Barat

7.        METODE PEMBELAJARAN
·                     Ceramah
·                     tanya jawab klasikal / individu

8.        SUMBER BELAJAR
·                     Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 25 Tahun 2007. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum muatan lokal pendidikan hidup
·                     Adi Asmara. Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SMA/SMK/MA Kelas XI. Semester 1.2007. Jakarta : Arman
·                     Win Bale. Atlas Pelajar Indonesia dan Dunia. 2010. Jakarta : Erlarngga
·                     Interne

9.                  KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.                   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Berdoa sebelum memulai pembelajaran (Nilai Religius)
2.      Mendata kehadiran peserta didik
3.                 Mengadakan appersepsi
4.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
5.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan dasar yang akan dicapai

b.      Kegiatan Inti ( 60 menit)
1.    Eksplorasi
1.        Setelah mendengarkan sedikit penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan biografi siswa dapat menjelaskan pengertian tentang biografi
2.        Memfasilitasi peserta didik tentang hal-hal yang berkaitan dengan biografi. ( Rasa ingin tahu )
 
2.     Elaborasi
1.      Siswa membaca dan mengkaji tentang pengertian Biografi dan hal-hal yang berkaitan dengan biografi
2.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
3.      Membiasakan peserta didik membaca dan menulis tugas-tugas yang ada pada buku paket. ( Gemar membaca )
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja secara  individual. ( Rasa ingin tahu )
5.      Memberi kesempatan untuk menyelesaikan Penugasan Terstruktur (PT) pada lembar soal uraian. ( Rasa ingin tahu )
6.      logo smk(hitam).jpgMemfasilitasi peserta didik agar berkompetensi secara sehat dalam mengerjakan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT) demi untuk meningkatkan prestasi belajar. ( Tanggung jawab )
3.        Konfirmasi

1 komentar: