Sabtu, 16 April 2011

Abstrak

ABSTRAK
NANANG YULIYANTO, Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap penguasaan materi tentang struktur dan fungsi tumbuhan pada akar tanaman di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, Depok: Program studi Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Arrahmaniyah Depok,Februari 2010.
            Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, yang bertujuan untuk mendapatkan data secara empiris mengenai pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning terhadap penguasaan materi tentang struktur dan fungsi tumbuhan pada akar tanaman, adapun waktu dilakukan pada bulan ………………….. sampai dengan bulan ……………………….2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian sebanyak 30 orang responden  yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling.
            Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai variabel X menggunakan non tes dalam bentuk skala perilaku dan variabel Y menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Uji validitas variabel X dan variabel Y digunakan rumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan untuk uji reliabilitas digunakan rumus Spearman Brown / teknik belah dua.
Analisis data menggunakan koefiisien korelasi Product Moment, Uji siginifikansi uji t, sedangkan untuk mengetahui kontribusi variabel X terhadap variabel Y digunakan Koefisien Determinasi. Diperoleh r hitung sebesar 0,830 apabila dikonsultasikan pada nilai kritik “r” product moment dengan=30 dan taraf signifikan 5% diperoleh r tabel 0,361, sehingga dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa r hitung > r tabel (0,830 > 0,361). Uji t diperoleh 7,870 yang menunjukkan  bahwa  t  hitung  >  t  tabel (7,870 > 2,048) dengan KD 68,89%. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan metode mikroskopik terhadap penguasaan materi tentang sel dengan kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 68,89%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar